Cara Menentukan Model Tangga Besi Yang Tepat Untuk Rumah

Cara Menentukan Model Tangga Besi Yang Tepat Untuk Rumah - Tangga merupakan bagian penting pada bagian rumah terutama untuk bangunan yang lebih dari satu lantai, fungsi tangga rumah adalah sebagai penghubung antar lantai, selain itu tangga juga dibutuhkan untuk sarana lain seperti  penghubung ke bagian dak atau atap bangunan untuk keperluan perbaikan/ maintenance misalnya perbaikan pada genteng, AC, toren air atau hal lainnya, biasa disebut dengan tangga service.

Ditinjau dari bahan materialnya, yang populer tangga rumah terbagi tiga jenis bahan: ada tangga  yang terbuat dari material besi dan dari beton, serta ada tangga terbuat dari kayu, ketiganya memiliki fungsi yang sama dan masing-masing punya keunikan serta kelebihan tersendiri, pemilihan bahan tangga tentunya sudah diselaraskan dengan konsep ruangan. Nah dalam hal ini kita akan membahas tentang tangga besi, bagaimana cara menentukan model tangga besi yang tepat pada ruangan rumah kita.

Dari struktur dan bentuk fisik Tangga Besi terbagi dalam tiga model yaitu: Tangga Besi Putar atau Spiral, Tangga Rebah atau model Lurus, Tangga Service yang hanya dibutuhkan saat perbaikan atau mentenance pada bagian bangunan (bisa jenis portable serta ada juga tangga yang menempel permanen di dinding bangunan.) Kita akan membahas cara menentukan model Tangga Besi yang tepat untuk didalam ruangan sebagai penghubung ke ruangan lantai atas rumah.

Tangga Besi Putar atau Tangga Spiral

Tangga Spiral
Menjatuhkan pilihan pada model Tangga Besi Putar / Spiral adalah dikarenakan pertama untuk mengatasi keterbatasan ruangan atau juga sengaja menerapkan Tangga Putar untuk lebih efisien agar ruangan menjadi lebih lega. Tangga Besi Spiral memang lebih cocok untuk diterapkan pada ruangan yang sempit sebagai penghubung keruangan lantai atas. Namun penerapan Tangga Putar bisa juga karena sudah termasuk dalam konsep desain ruangan, karena banyak juga yang lebih senang memilih model  Tangga Spiral pada ruangan rumah sebagai penghubung antar lantai. Dengan pilihan model Tangga Spiral yang fleksibel, unik serta dapat dikombinasikan dengan kayu pada injakan anak tangga dan pegangan (handrailing) terlepas dari fungsinya dengan keberadaan Tangga Spiral akan membuat ruang interior rumah terlihat cantik dan elegan.

Tangga Besi Putar tiang tengah sebagai sumbu tumpuan terbuat dari besi pipa bulat dengan diameter yang disesuaikan untuk kebutuhan ruangan, biasanya menggunakan pipa bulat diameter 4 inchi, rangka anak tangga terbuat dari pipa hollow atau besi siku, injakan tangga bisa menggunakan besi plat bordess atau dapat juga menggunakan kayu agar terlihat unik dan natural, sedangkan pegangan atau handrailing dapat mengguna pipa bulat atau bisa juga kayu. Pemilihan bahan material untuk tangga spiral dapat disuaikan dengan selera atau menyesuaikan dengan budget anda.

Agar mendapatkan kenyamanan dalam naik turun tangga hal yang perlu diperhatikan adalah lebar anak tangga serta jarak antara anak tangga, dan tidak kalah penting memilih bahan Tangga Besi yang anti karat agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Proses pembuatan Tangga Spiral memakan waktu lebih kurang 3 hari sedangkan estimasi lama pemasangan di rumah anda adalah 1 hari, tergantung tingkat kesulitan pekerjaan.

Tangga Besi Model Lurus atau Tangga Rebah

Tangga Rebah
Untuk mendapatkan Tangga model lurus yang baik dimana memenuhi nilai estetika serta kenyaman, penerapan Tangga Besi model ini sebaiknya diterapkan pada ruangan yang lebih luas. Beda halnya dengan tangga spiral yang hanya berdiri vertikal dapat diterapkan pada ruangan sempit, sedangkan tangga besi rebah diterapkan secara diagonal pada sisi ruangan  sehingga untuk mendapatkan tangga yang nyaman butuh ruangan yang sesuai dengan kebutuhan tangga tersebut.

Jika ruangan terbatas perlu dipelajari terlebih dahulu dengan membuatkan kisi-kisi gambar desain tangga agar hasil Tangga Besi sebelum diterapkan sudah dapat gambaran terutama untuk kenyaman saat naik turun tangga tersebut.

Model Tangga Besi Lurus sangat fleksibel bisa diproduksi sesuai gambar desain tangga yang dibuatkan oleh arsitek bangunan. Dari segi bahan material Tangga Besi model lurus tidak jauh berbeda dengan tangga spiral, pada rangka utama biasanya menggunakan pipa hollow kotak atau besi wf disesuaikan dengan kebutuhan.

Agar terlihat unik dan lebih istimewa Tangga Besi Rebah dapat dikombinasikan dengan kayu pada bagian injakan anak tangga atau pegangan seperti halnya pada tangga putar, tentunya disesuaikan dengan budget. Pemilihan model serta bahan yang tepat selaras dengan konsep rumah serta memenuhi nilai estetika akan membuat keberadaan tangga menambah nilai keindahan hunian.
Adapun Tangga Besi Service dibuatkan cukup dengan model yang sederhana namun dengan bahan kuat, karena tangga tangga ini hanya diguna sesuai kebutuhan saja.

Jika ada yang ingin ditanyakan lebih detil lagi tentang Tangga Besi baik desain atau model yang tepat untuk diterapkan pada rumah anda, silahkan menghubungi kami: 081285288188 Call/WA.

Tangga Besi
Klasik Minimalis memberikan solusi untuk pekerjaan interior dan eksterior berbahan besi, sudah terpercaya dalam pembuatan Tangga Besi dengan pengalaman dari tahun 1999, kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk setiap konsumen, gratis konsultasi, estimasi biaya serta kunjungan lokasi.

Subscribe to receive free email updates: